Monday, April 1, 2013

Peristiwa Perang Badar Besar

Assalamu'alaikum.Wr.Wb

Ada beberapa perang yang terjadi di zaman Rasulullah SAW, di antaranya adalah perang Badar. Rasulullah SAW mendapat berita bahwa Abu Sufyan bin Harb datang dari Syam bersama kaum Quraisy yang membawa harta melimpah serta barang - barang dagangan. Rombongan itu berjumlah sekitar 30 - 40 orang. 

Setelah beberapa hari memasuki bulan Ramadhan, Rasulullah SAW juga keluar dari Madinah bersama 305 orang, 64 dari orang Muhajirin dan sisanya dari kaum Anshar. mereka juga membawa 70 ekor unta sebagai kendaraan. Rasulullah SAW, Ali dan Martsad menaiki satu ekor unta bergantian. 

Badar adalah salah satu tempat penting yang biasa digunakan untuk berbagai festival orang arab. Di sana digunakan untuk pasar raya setiap tahun. 

Kaum Quraisy berangkat hingga Udwah al-Qushwa. Mereka semua berjumlah seribu orang. Akhirnya kedua kelompok itu bertemu seperti diceritakan dalam Al-Qur'an,
Allah SWT berfirman:
إِذْ يُرِيكَهُمُ ٱللَّهُ فِى مَنَامِكَ قَلِيلًۭا ۖ وَلَوْ أَرَىٰكَهُمْ كَثِيرًۭا لَّفَشِلْتُمْ وَلَتَنَٰزَعْتُمْ فِى ٱلْأَمْرِ وَلَٰكِنَّ ٱللَّهَ سَلَّمَ ۗ إِنَّهُۥ عَلِيمٌۢ بِذَاتِ ٱلصُّدُورِ

وَإِذْ يُرِيكُمُوهُمْ إِذِ ٱلْتَقَيْتُمْ فِىٓ أَعْيُنِكُمْ قَلِيلًۭا وَيُقَلِّلُكُمْ فِىٓأَعْيُنِهِمْ لِيَقْضِىَ ٱللَّهُ أَمْرًۭا كَانَ مَفْعُولًۭا ۗ وَإِلَى ٱللَّهِ تُرْجَعُ ٱلْأُمُورُ
  
"(Ingatlah) ketika Allah memperlihatkan mereka di dalam mimpimu (berjumlah) sedikit. Dan sekiranya Allah memperlihatkan mereka (berjumlah) banyak tentu kamu menjadi gentar dan tentu kamu kan berbantah - bantahan dalam urusan itu, tetapi Allah telah menyelamatkan kamu. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang ada dalam hatimu."
"Dan ketika Allah menampakan mereka kepadamu sekalian, ketika kamu berjumpa dengan mereka berjumlah sedikit pada pengelihatan matamu dan kamu ditampakan-Nya berjumlah sedikit pada pengelihatan mata mereka, karena Allah hendak melakukan suatu urusan yang harus dilaksanakan. Haya kepada Allah segala urusan dikembalikan.(Q.S. Al-Anfal :43-44)

Pasukan Islam menyerang pasukan Quraisy dengan serempak dan terjadilah perang. Dan akhirnya pasukan Quraisy dapat dikalahkan. 
Sekian semoga bermanfaat Insya Allah bersambung lagi..Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


0 comments:

Post a Comment