Wednesday, April 17, 2013

Orang yang pertama kali memasuki Surga

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Dalam kesempatan ini saya akan melanjutka artikel sebelumya tentang surga, untuk melihat artikel sebelumnya bisa dilihat di bawah. 

Dalam kitab Ihya 'Ulumuddin karangan Syekh Imam Al Ghazali disebutkan, bahwa ketika penduduk surga telah sampai pada pintu surga, mereka mendapati satu pohon didekat betisnya serta air yang mengalir. Lalu mereka mendekati air tersebut, dan meminumnya. Seketika itu keluarlah segala kotoran yang melekat pada perutnya, lalu mereka pun menuju sungai yang lainnya untuk bersuci dan memberikan kesegaran untuk dirinya dengan kenikmatan. Sesudah itu, perasaan mereka tidak berubah, rambut mereka seperti berminyak. Kemudian sampailah mereka di surga yang dijanjikan Allah kepadanya. Penjaga surga menyambut kedatangan mereka dengan ucapan " Selamatlah padamu dan semoga kamu menjadi orang yang baik, maka masukilah surga ini dengan abadi!"

Diceritakan, bahwa orang yang pertama kali memasuki surga adalah Rasulullah Saw, sebagaimana dalil berikut ini:

"Aku pada hari kiamat mendatangi suara untuk dibukakan pintunya. Penjaga pintunya mengatakan "Siapakah engkau?" Maka aku menjawab "Muhammad!" Maka penjaga itu mengatakan, " Kepada Tuanlah aku diperintahkan untuk membukanya dan tidak akan dibuka pada seorangpun sebelum Tuan!"
(H.R. Muslim)

Sesungguhnya dalam surga ada kamar - kamar khusus yang diperuntukan bagi para penghuni surga. Maka jika kita menghendaki derajat yang paling tinggi, jalan satu - satunya adalah dengan mengejar dengan sungguh - sungguh ketaatan kepada Allah. Untuk mendapatkan surga yang dijanjikan, memang Allah memerintahkan hamba-Nya untuk berlomba mengerjakan kebaikan, sesuai dengan apa yang telah dinyatakan dalam firman-Nya:

"Berlomba - lombalah kamu pada ampunan Tuhanmu dan surga-Nya yang seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi mereka yang beriman kepada Allah dan Rasul-Rasul-Nya. Itulah karunia Allah yang akan diberikan kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah mempunyai karunia yang besar" 
(Q.S. Al-Hadid:21).

Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Khudry, ia berkata, bawasanya Rasulullah pernah bersabda: "Sesungguhnya penduduk surga akan saling melihat pada orang - orang yang tinggal di kamar - kamar pada bagiann atas mereka, sebagaimana mereka melihat bintang - bintang yang melayang - layang dari timur ke barat untuk melihat keutamaan di atara mereka. Para sahabat bertanya: apakah tempat para nabi itu tidak akan dapat dicapai oleh mereka yang lain? Nabi menjawab: "Ya. Demi diriku yang ditangan Allah, untuk mereka yang beriman pada Allah dan yang membenarkan para Rasul-Nya"
(H.R. Bukhari-Muslim)

Bersambung .. Insya Allah dilain waktu.. Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Baca selengkapnya tentang surga di Kenikmatan surga  
 


0 comments:

Post a Comment