Monday, April 15, 2013

Kenikmatan Surga berdasar Al-Qur'an dan As-Sunah

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Menyambung artikel sebelumya tentang  Surga dan segala kenikmatanya  kali ini saya akan melengkapi artikel tentang Kenikmatan Surga berdasar Al-Qur'an dan As-Sunah.

Dalam suatu hadist Rasulullah Saw bersabda: "Akan berseru satu seruan dalam surga : Hai penduduk surga! sesungguhnya kamu akan sehat dan tidak sakit buat selama - lamanya. Dan sesungguhnya kamu akan hidup dan tidak akan mati buat selamanya. Dan sesungguhnya kamu akan tetap menjadi muda dan tidak akan tua buat selamanya. Dan sesungguhnya kamu akan mendapatkan kenikmatan dan tidak akan mendapatkan kesengsaraan untuk selamanya".

Dalam Al-Qur'an pun Allah telah berfirman:
"Dan diserukan kepada mereka, itulah surga yang diwariskan kepadamu, sebab dahulunya kamu telah mengerjakan" (Q.S. Al-A'raf:43)

"Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya, baginya ada dua surga" (Q.S. Ar- Rahman:46)

Tentang maksud dari kata - kata "dua surga" ini, ada beberapa pendapat yang berbeda dalam penafsiran, yaitu:
1. Dua surga yakni: surga untuk manusia dan surga untuk jin.
2. Dua surga yakni: surga dunia dan surga akhirat.
3. Dua surga yakni: surga dengan pahala yang berlipat ganda.
4. Dua surga yakni: surga 'Adn dan surga Na'im.

Dalam sebuah hadist diriwayatkan Al Bukhari dan Muslim, Rasulullah pernah bersabda: "Barang siapa yang membelanjakan dengan sepasang dari harta bendanya, untuk jalan Allah, maka dia akan dipanggil dari semua pintu surga. Dan bagi surga itu ada delapan pintu. Maka jika dirinya termasuk orang yang mendirikan sholat, ia akan dipanggil dari pintu sholat. Dan bagi yang mengerjakan puasa, maka akan dipanggil dari pintu puasa. Dan barang siapa yang suka bersedekah, akan dipanggil dari pintu sedekah. Dan barangsiapa yang pernah berjihad, ia akan dipanggil dari pintu Jihad.".

Diceritakan, bahwa di dalam rumah penghuni surga itu terdapat 70 ranjang, dalam setiap ranjang terdapat 70 tikar. Dan diatas itu duduk bidadari, yang memakai 70 pakaian yang tipis. Karena tipisnya, hingga kelihatan jelas sumsum betisnya. Kalau sekiranya rambut bidadari surga jatuh ke bumi, maka rambut itu akan menerangi penduduk bumi. .....Bersambung... Insya Allah... dilain waktu... Wassalamu'alaikum.Wr.Wb

 


0 comments:

Post a Comment