Friday, April 12, 2013

5 langkah untuk Menguasai Ketrampilan Berkonsentrasi / Cara mengatasi kendala Berkonsentrasi

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Melanjutkan postingan sebelumnya kali ini saya akan mempostingkan tentang cara mengatasi kendala berkonsentrasi yang sebelumya sudah saya postingkan kendalanya.

Langkah Pertama:
Hindarkan dirimu dan menjauhilah dari berbagai hal yang dapat mengacaukan pikiran. Tunggu hingga penghujung hari saat engkau telah menyelesaikan semua tugasmu. Menyendirilah di kamar yang tenang, matikan televisi dan radio. Lalu duduklah di atas kursi di mana arah sandaran punggung berada pada posisi tegak lurus.

Langkah kedua:
Pilih satu tugas yang mudah bagi dirimu. Dan tugas yang telah terbukti sukses memunculkan konsentrasi pada ratusan orang adalah engkau membaca, atau menulis atau mengucapkan dengan suara keras selama lima menit sebuah kalimat pendek berbunyi: "Aku bagus dalam berkonsentrasi". dengan penekanan pada kata "Bagus". Selain itu, berkali - kali mengulang kalimat di atas memiliki keuntungan ganda, sebab bisa lebih memberikan penekanan pada subtansi kalimat. Dan, akal batin menerima penekanan ini sebagai kenyataan positif yang memberikan gambaran baik tentang pribadi orang yang bersangkutan. Pun, sekedar mengulangi kalimat di atas tergolong latihan untuk memiliki ketranpilan berkonsentrasi.

Langkah ketiga:
Atur alrm jam supaya berdering dalam jangka waktu lima menit. Lau, katakan pada pikiranmu tugas yang harus dilaksanakan. Yakni, aku akan membaca, atau menulis atau mengucapkan suatu kalimat. Aku dapat berkonsentrasi dengan baik. Pilih salah satu dari ketiga metode ini (yakni, membaca, menulis atau mengucapkan) dan fokuslah padanya, tanpa memikirkan yang lainnya, selama lima menit sampai alrm jam berdering.

Langkah keempat:
Bila engkau memikirkan perkara lain di tengaah - tengaah berkonsentrasi, berlatihlah untuk menghentikan pikiran tersebut. Kemudian kembalilah pada tugas utamamu dengan berkonsentrasi yang lebih fokus. Langkah ini secara khusus, diangap sebagai satu tugas. Dengan lebih sederhana dapat dijelaskan, ketika tiba - tiba engkau memikirkan masalah lain di luar hal yang engkau konsentrasikan, hentikanlah memikirkan masalah tersebut. Dan tegas, katakan "tidak". Kemudian kembalilah pada proyek utama yang menjadi konsentrasimu dan berusahalah untuk berkonsentrasi padanya.

Langkah kelima:
Praktikan latihan berkonsentarsi pada pekerjaan - pekerjaan harianmu. Daripada mengulang - ualng kalimat::" Aku dapat berkonsentrasi dengan baik", berlatihlah untuk berkonsentrasi pada tugas - tugas yang engkau kerjakan setiap hari dan membutuhkan konsentrasimu. Seperti melaksanakan keputusan - keputusan yang telah diambil, menekuni belajar, atau berkonsentrasi menuliskan daftar pekerjaan yang akan engkau laksanakan keesokan harinya.

Sekian  untuk ketrampilan berkonsentrasi semoga bermanfaat. 
Wassalaum'alaikum. Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment