Sunday, April 14, 2013

Perbedaan Daya ingat dan memori

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Ketika orang menyatakan bahwa mereka tidak mempunyai memori yang baik, sebenarnya mereka berbicara tentang daya ingat. Kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang daya ingat tentu berbeda dengan memori. 

Kesulitan menyimpan informasi yang sudah tersimpan dalam memori, memori kita menyimpan apapun dan hanya mengingat apa yang diperlukan, yang mempunyai arti  dalam hidup kita.

Menurut Mikels, banyak orang mulai kehilangan kemampuan mereka mengingat saat mereka beranjak tua karena berhenti "menandai". Tanda (Landmark) merupakn peristiwa - peristiwa baru dalam hidup kita yang menarik dan menyenangkan. peristiwa - peristiwa itu berlaku sebagai penghubung bagi bit - bit informasi dalam rantai memori. (Bobby & Mike,2000;210)

Bagi kebanyakan kita awal kehidupan sering diisi dengan banyak penanda. ketika beranjak dewasa, penanda - penanda itu cendeung menjadi semakin menjauh. Hal ini disebabkan antar lain karena kita cenderung terbiasa dengan rutinitas yakni melakukan segala sesuatu yang sama, dengan cara yang sama, dari waktu ke waktu. Sehingga pengalaman kita merupakan pengulangan dari pengalaman sebelumnya.

Padahal, dengan menjalani hidup seutuhnya dapat menciptakan hubungan - hubungan memori yang baru dan meningkatkan  kemampuan kita untuk mengingat kenyataan peristiwa - peristiwa dan informasi - informasi baru.

Dengan meningkatnya kemampuan untuk mengingat detail seseorang mengembangkan kreativitas dan lebih berhasil dengan pemecahan masalah.

Pada umumnya informasi yang tersimpan dalam memori atau sangant mudah diingat adalah informasi yang meliputi satu atau lebih dari delapan unsur, berikut: Indra, Intens, Emosional, lain sendiri, kemampuan untuk bertahan, keutamaan pribadi, pengulangan  dan pertama serta tarakhir.(Bobby 7 Mike, 1999;264-266).

Sekian pengetahuan tentang memori dan daya ingat semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Baca juga tentang Otak Manusia

0 comments:

Post a Comment