Sunday, April 14, 2013

Misteri Otak Manusia

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Apa sesungguhnya otak itu?.. kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang otak manusia. Kata otak yang dalam bahasa inggrisnya Brain adalah massa jaringan syaraf di dalam tengkorak. (JP.Chaplin,2000;64). Kata Brain bersal dari kata Anglo Saxon=Braegen. Orang Yunani menyebutnya Enkephalos. Ini yang menjadi asal Enchephalon yang dipakai secara luas dalam ilmu kedokteran untuk menyebut otak.Yaitu bagian dari sistem syaraf pusat berada dalam tulang tengkorak, terdiri atas otak depan, otak tengah dan otak belakang, berkembang di bagian anterior tabung neural embrionok. (P.Kumala, dkk,1988;164).

Otak, tidak lebih besar dari seuntai anggur, ia jauh lebih kecil dari pada sebuah kol. Biasanya beratnya kurang dari 1,5 Kg. Namun ia beribu kali lebih hebat daripada komputer terhebat di dunia. Dan ia adalah milik kita, otak membuat kita sebagai manusia yang sangat unik.(Gordon D &J. Vos,2002;113)

Ia memiliki potensi yang sangat luar biasa. Kemampuannya jauh lebih besar dan lebih hebat dari yang selama ini kita bayangkan. Dari segi anatomi tubuh, otak merupakan satu - satunya bagian anggota tubuh yang belum tuntas untuk diselidiki. Temuan yang diganjar nobel kedokteran bagi Erick Knadel, Arvid Carlson dan Paul Greengard tidak menuntaskan kemisterian otak manusia.

Ada miliaran sel syaraf di dalam otak manusia, ada miliaran partikel yang tersimpan di dalamnya. Komposisi itu tidak saja memusingkan, tetapi juga menimbulkan rasa ingin tahu yang sangat besar dan mendalam. (Taufiq, 2003;23)

Tony Buzan, seorang pakar psikologi dan memory mengatakan:'Otak anda terdiri dari triliyunan sel otak, setiap sel otak adalah seperti gurita kecil yang begitu kompleks,. ia memiliki sebuah pusat, dengan banyak cabang dan setiap cabang memiliki banyak koreksi. Tiap - tiap sel otak tersebut jauh lebih kuat dan canggih dari pada kebanyakan komputer di planet ini. Setiap sel berhubungan dengan ratusan ribu sampai puluhan ribu sel yang lain. Dan mereka saling bertukar informasi.. Ini sering disebut sebagai jaringan yang paling mempesona. Benda yang begitu komplek dan begitu indah dan setiap orang memilikinya. (Gordon D,2002;113-114)

Cara kerja otak ternyata seperti otot. Otot berkembang jika dilatih dan digunakan secara teratur.Otot akan mengendor jika tidak digunakan. Otak manusia yang seperti otot itu akan berkembang bila sering digunakan. Otak berkembang denga cara sering digunakan.

Denga menggunakan otak, merangsang dan menantangannya akan semakin banyak sel otak yang mulai berkomunikasi satu sama lain. Dan ini akan membetuk jaringan  kerja baru melalui koreksi sinaptis.(Thomas,2002;39)

Ranting atau dendrit dari sel - sel aktiv akan tumbuh dan terbagi - bagi sehinggga membentuk jaringan kerja denga sel - sel baru yang telah memiliki serangkaian informasi, kemudian pengetahuan saling dikomunikasikan.

Selanjutnya ada dua alasan mengapa otak penting bahkan jauh lebih penting, karena:
1. Secara biologis otak adalah pusat bagi semua aktivitas tubuh, baik itu kegiatan sadar maupun tidak sadar (Otonom), ia layaknya CPU dalam sebuah sistem komputer bagi tubuh manusia.
2. Secara simbolik, otak diposisiskan pada bagian tubuh teratas dan menempati posissi paling tinggi dari semua organ tubuh. Ia disimpan dalam batok kepala yang berlapis - lapis dan sangat kuat. Juga direndam dalam cairan (Cerebrospinalis) yang diproduksinya sendiri sehingga tahan guncangan. (Taufiq Pasiah,2003;41).

Otak adalah organ yang bila dirawat, di jaga dan dipelihara secara serius dan teratur, dapat bertahan sampai lebih dari seratus tahun. Tidak seperti organ tubuh yang lainnya, kian tua kian rusak. Otak makin tua makin luas dan lebar fungsinya.. Makin tua interkoreksi antar sel saraf (Neuron) karena memang perjalanan hidup makin banyak, kian padat otak manusia. Sebagaimanan orang bilang "Makin tua makin menjadi" begitulah otak manusia. Otak dapat dibentuk dan terus menerus berubah, dalam jangkauan milidetik, menurut kadar pengalaman hidup masing - masing. Kelebihan otak terletak pada sifat platisnya.(Van Peursen,1980;203)

Itulah otak organ yang paling kompleks yang pernah dikenal di dalam semesta ini. Kita tidak akan bisa membahas secara tuntas karena memang sampai saat ini otak masih merupakan benda penuh misteri keajaiban ini menunjukan Betapa Maha segala Allah SWT yang telah menciptakan alat semesta termasuk otak, Masya Allah...
Sekian semoga bermanfaat sebagai pengetahuan kita. Wassalamu'aalaikum Wr. Wb.

Baca juga tentang otak di Sudah tahukah anda tentang otak manusia

0 comments:

Post a Comment