Thursday, April 18, 2013

Cara Menghafal Al-Qur'an / Metode Menghafal Al-Qur'an

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Banyak orang yang ingin menghafal Al-Qur'an tetapi setiap orang memiliki metode yang cocok untuk dirinya dan dapat membuatnya lebih merasa nyaman. Dalam kesempatan ini saya akan mempostingkan beberapa cara menghafal Al-Qur'an. Maka, cobalah setiap dari cara - cara menghafal Al-Qur'an yang akan dipaparkan di bawah ini. Lalu nilailah cara menghafal Al-Qur'an yang mana yang bisa menghasilakn hafalan lebih kuat dan membutuhkan waktu yang minimal.

Cara menghafal Al-Qur'an yang pertama : Menghafal Ayat per Ayat

Metode dengan menghafal ayat per ayat. Jelasnya, orang yang menghafal membaca satu ayat saja dengan bacaan yang benar, sebanyak dua atau tiga kali, sambil melihat ke mushaf. Lalu ia membaca ayat tersebut tanpa melihat ke mushaf. Kemudian ia melanjutkan ke ayat kedua dan melakukan seperti ayat pertama. Akan tetapi, setelah itu ia membaca ayat pertama dan kedua tanpa melihat ke mushaf. Berikutnya ia menghafal ayat ketiga dengan cara yang sama. Yakni, membacanya sambil melihat ke mushaf, kemudian mengulangi ayat ketiga saja tanpa melihat ke mushaf, lalu dilanjutkan mengulangi ketiga ayat itu, dari ayat pertama, kedua dan ketiga tanpa melihat ke mushaf. Setelah itu, meneruskan ke ayat keempat hingga akhir halaman. Kemudian mengulangi hafalan halaman ini sebanyak tiga kali.

Ketika menggunakan cara menghafal Al-Qur'an metode ini, hati - hati jangan sampai engkau berangapan telah benyak mengulang - ulang ayat pertama sehingga tidak perlu diulang lagi. Sebagian orang bila sampai separuh halaman, ia beranggapan telah menghafal dengan baik separuh pertama dari halaman tersebut. Sehingga, apabila ia telah selesai menghafal ayat - ayat di separuh kedua, merasa tidak perlu lagi mengulang dari ayat pertama hingga akhir. Jadi sebaiknya setiap ayat  yang dihafal di halamna tersebut harus diulang dari ayat pertama hingga ayat terakhir yang dihafal, sampai selesai satu halamn. Kemudian mengulangi tiga kali dengan hafalan tanpa melihat mushaf.

Cara menghafal Al-Qur'an yang kedua : Membagi satu halaman menjadi tiga bagian

Dalam hal ini satu halaman dibagi tiga bagian, lalu setiap bagian kita asumsikan sebagai satu ayat dan dibaca berulang - ulang beberapa kali sampai hafal. Kemudian kita sambung antara ke tiga bagian ini.

Melalui cara menghafal Al-Qur'an denagn metode ini, penyambungan antara ayat - ayat dapat dilakukan dengan cara yang lebih akurat, selain juga menghemat waktu yang habis dipergunakan untuk mengulangi ayat per ayat dalam metode yang pertama.

Cara menghafal Al-Qur'an yang ketiga : Menghafal per halaman

Cara menghafal Al-Qur'an metode ini mirip dengan yang sebelumnya, hanya saja dalam metode ini langsung menghafal satu halaman penuh. Lebih jelasnya, orang yang ingin menghafal Al-Qur'an hendaknya membaca satu halaman penuh dari awal sampai akhir dengan bacaan yang pelan dan benar, sebanyak tiga atau lima kali sesuai daya tangkap dan kemampuan menghafalnya. bila telah membaca sebanyak tiga kali hingga lima kali, dengan bacaan yang diiringi kehadiran hati, konsentrasi pikiran serta akal, dan bukan sekedar bacaan di lidah saja. tapi memfokuskan hati serta pikirannya karena ingin menghafal Al-Qur'an dari bacaan ini.

Apabila sudah membaca sebanyak tiga atau lima kali ini dengan melihat mushaf ia menutup mushafnya dan mulai membaca halaman tadi tanpa melihat mushaf. Pada awalnya berhenti lantaran lupa maka, ia membuka mushafnya melihat di mana ia berhenti dan memperhatikan kelanjutanya. Kemudian meneruskan membaca dengan mushaf tertutup. Setelah selesai satu halaman penuh kemudian mengulangi membaca halaman tanpa melihat ke mushaf.

Jadi, satu halaman dibaca dengan bacaan yang fokus dan tepat sebanyak tiga atau lima kali. Dilanjutkan membacanya tanpa melihat ke mushaf sebanyak tiga kali percobaan dan tiga kali usaha. kemudian mengoreksinya denga tiga kali bacaan tanpa melihat ke mushaf. dengan begitu, halaman tersebut telah dihafal denag baik dan kuat. Insya Allah.

Demikian cara menghafal Al-Qur'an dengan tiga metode ini, silakan memilih dan menilai metode mana yang cocok bagi Anda. Bergembiralah, Insya Allah Anda akan menjadi anggota baru dalam kafilah penghafal Al-Qur'an. Aamiin Ya Robb !... Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment