Thursday, April 11, 2013

11 Kendala Trampil Berkonsentrasi / hal - hal yang mengakibatkan kurangnya konsentrasi

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Suatu saat pasti kita perlu adanya konsentrasi, baik untuk hafalan, belajar, bekerja, ibadah dan lain sebagainya. Kali ini saya akan membagikan 11 kendala trampil berkonsentrasi yang semoga kita dapat mengatasintnya sehingga mendapatkan konsentrasi dalam melakukan suatu kegiatan.

1. Kekacauan.
Kiranya sudah sangat jelas, bahwa engkau akan sulit berkonsentrasi ketika kegaduhan, suara orang dan dering telepon mengusik suasana konsentrasi.

2. Kurang berlatih dan membiasakan
Konsentrasi adalah ketrampilan. Karenanya mustahil engkau bisa mengusainya dengan baik bila engkau tidak mempelajarinya dan tidak mengasahnya setiap hari.

3. Kebiasaan tidak memfokuskan perhatian dan pikiran tak pernah berhenti bekerja.
Sebagian orang memiliki seabrek aktivitas dalam hidup, hingga taraf mereka sudah terbiasa membagi -bagi energi yang mereka miliki. Orang - orang seperti ini berusaha mengerjakan banyak hal atau memikirkannya dalam satu waktu secara bersama - sama.

4. Mudah frustasi
Ada dua model manusia di dunia ini; pertama, kelompok yang belajar bagaimana menyikapi kegelisahan dan kegagalan dalam hidup ini; kedua, kelompok yang berangan - angan seandainya ia mampu melakukan hal itu.

5. Kurang perhatian atau tak ada motivasi.
Secara sederhana dapat dikatakan, tak ada konsentrasi tanpa keberadaan perhatian. Ini berrti, bila engkau melakukan sesuatu pekerjaan yang kurang menarik bagi dirimu, engkau harus berusaha secara acak memunculkan faktor perhatian untuk menghasilakn motivasi bagi dirimu. Bila tidak, akalmu akan melawan upaya apapun yang ditempuh untuk berkosentrasi .

6. Menunda - nunda
Maksudnya adalah secara tidak sadar menangguhka pekerjaan yang kurang disenangi tanpa ada sebab yang logis. Sebagian orang suka menunda - nunda urusan yang kurang menarik minat mereka tanpa memperhitungkan berbagai akibat yang muncul dari perbuatan ini. Sikap suka menunda - nunda dikategorikan sebagai bentuk frustasi.

7. Tak ada rencana atau target yang jelas.
Ketidakmampuan  berkonsentrasi terkadang disebabkan karena engkau tidak memberi proyek yang jelas, gambaran serta rencana yang spesifikasi pada akalmu.

8. Menumpuknya berbagai pekerjaan yang semuanya menuntut segera diselesaikan.
Ketidakmampuan seseorang berkonsentrasi, adakalanya timbul lantaran kegagalan mereka memilih suatu tugas tertentu. Tapi lebih disebabkan karena mereka lebih memilih banyak proyek. Bila ada banyak tugas, kewajiban dan perjanjian yang memupuk untuk memperoleh perhatianmu, akalmu akan menolak semuanya lantaran engkau tidak mamupu memprioritaskan mana tugas yang mesti diselesaikan terlebih dahulu.

9. Kelelahan, stres atau sakit
Konsentrasi adalah energi akal yang tearah. maka, bila engkau dalam kondisi lelah, stres atau sakit, engkau tidak memiliki energi dasar untuk mengeksplorasi kemampuan pikiranmu. Dan tak menutup kemungkinan, jenis obat - obat tertentu berpengarauh negatif pada kemampuan konsentrasimu.

10. Emosi tanpa solusi
Terkadang, saat engkau sulit berkonsentrasi ini tidak disebabkan oleh ketidakmampuanmu berkonsentrasi. Tapi, lebih dikarenakan adanya masalah besar yang menuntukt seluruh perhatianamu tanpa menyisakan ruang untuk ayng lain.

11. Perspektif negatif
Secara umum, perspektif negatif atau berpikiran negatif dianggap sebagai kendala konsentrasi yang paling kuat. Pasalnya, manusian itu bertindak berdasar keyakinan. Maka, bila engkau berpikir bahwa engkau tidak sanggup berkonsentrasi, engkau tak akan biisa berkonsentrasi.

Untuk mengatasi berbagai kendala - kendala ini sebaiknya kita bisa mempunyai ketranpilan berkonsentrasi . Insya Allah akan saya postingkan pada artikel selanjutnya. 
Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

Untuk motivasi - motivasi lain silakan klik Macam - macam motivasi


0 comments:

Post a Comment