Sunday, April 14, 2013

Mengenal Pintu - Pintu Surga

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Ibnu Abbas berkata : Sesungguhnya Surga itu mempunyai pintu - pintu yang berjumlah delapan buah, di mana pintu - pintu tersebut terbuat dari emas yang ditaburi jauhar (sejenis mutiara). Pintu - pintu tersebut akan dimasuki oleh penghuni surga, menurut kedudukan dan amal perbuatanya masing - masing. dari kedelapan pintu itu antara lain adalah:

1. Pada pintu pertama, yakni pintu surga yang diperuntukan bagi para Nabi dan Rasul, termasuk para syuhada serta para dermawan yang membelanjakan hartanya di jalan Allah. Pintu tersebut adalah pintu surga tingkatan pertama.

2. pintu surga kedua, diperuntukan bagi kaum muslimin yang rajin sholat, orang yang senantiasa memperbaiki wudhunya serta orang yang menyempurnakan rukun - rukun dalam shalatnya.

3. Pintu yang ketiga, diperuntukan bagi orang - orang yang memberikan zakatnya dengan ikhlas hati.

4. Pintu yang keempat, adalah pintu oarang - orang yang memerintahkan kepada kebaikan, serta mencegah kemungkaran atau orang - orang yang melakukan amar ma'ruf nahi munkar.

5. Pintu yang kelima, adalah pintu orang - orang yang senantiasa mengekang hawa nafsunya dan memutuskan nafsu - nafsu yang mengajak kepada kemungkaran.

6. Pintu yang keenam adalah pintunya golongan orang - orang yang berhaji dan umrah.

7. Pintu yang ketujuh adalah pintunya orang - orang yang berjihad di jalan Allah SWT.

8. Pintu yang kedelapan adalah pintu orang - orang yang bertaqwa, orang yang memejamkan matanya dari barang yang haram dan orang - orang yang mengerjakan perbutan baik di antaranya : berbuat baik kepada orang tua, mempererat tali persaudaraan (silatur rahim) dan juga perbuatan - perbuatan baik selain itu.

Demikian pintu - pintu surga yang kesemuanya berjumlah delapan buah. Setiap pintu itu menempati sebuah surga, yang masing - masing terbuat dari bahan - bahan surga yang menajubkan, yaitu:

1. Pintu pertama adalah pintu "Darul Jalal', yakni sebuah surga yang terbuat dari mutiara putih.

2. Pintu kedua adalah pintunya surga "Darus salam", yakni surga yang terbuat dari yakut merah.

3. Pintu ketiga adalah pintunya surga "Janatul Ma'wa", yakni surga yang terbuat dari zamrut hijau.

4. Pintu yang keempat adalah pintunya surga "Jannatul Khuldi", yakni surga yang terbuat dari marjan merah.

5. Pintu yang kelima adalah pintu surga Jannatun Na'im, yakni surga yang terbuat dari perak putih

6. Pintu yang keenam, adalah pintu surga "Jannatun Firdaus", yakni surga yang terbuat dari emas merah

7. Pintu yang ketujuh adalah pintu surga Jannatun 'Ain, yakni surga yang terbuat dari intan putih.

8. Pintu yang kedelapan adalah pintu surga "Darul Qarar", yakni pintu yang terbuat dari emas merah. Dan Surga ini adalah surga terakhir dalam tingkatannya.

Tentang Surga Darul Qarar adalah surga pada tingkatan yang paling tinggi, yaitu peringkatnya di atas seluruh surga yang ada. Di mana pada surga ini terdapat dua pintu dan dua daun pintu. Satu daun pintu dari emas dan yang satunya lagi dari perak. Jarak antara setiap daun pintu adalah sebagaimana jaraknya langit dan bumi. Adapun bangunan yang ada di dalamnya terbuat dari bata emas, bata perak dan tanahnya dari mistik, debunya dari anbar, rumputnya dari za'faran, istana - istananya dari mutiara, panggungnya dari yakut dan pintunya dari jauhar.

Dalam surga ini terdapat sungai "Rahkmat" dengan airnya yang mengalir ke seluruh surga. Kerikil pada sungai itu terbuat dari mutiara yang sangat putih, lebih putih dan lebih bening daripada embun, dan lebih manis daripada madu.

Sekian semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

 

0 comments:

Post a Comment