Wednesday, April 17, 2013

Puncak Kenikmatan Surga

Assalamu'alaikum Wr,Wb.

Semoga Allah senantiasa memberikan keselamatan dan kesehatan kepada kita semua. Kali ini saya akan merampungkan artikel tentang surga, dimana artikel ini adalah sebagai lanjutan yang terakhir artikel tentang surga yang sudah saya postkan sebelumnya. Di sini kita akan mengetahui sebenarnya apa puncak kenikmatan surga bagi para penduduk surga.

Dan apa yang telah diriwayatkan oleh Abu Nu'aim adalah sebuah hadist yang berbunyi:" Maukah kuceritakan padamu tentang kamar - kamar surga itu? " Jabir menjawab, "Tentu ya, Rasulullah!" Rasulullah bersabda: Sesungguhnya di surga itu ada kamar - kamar (istana - istana) yang terbuat dari permata, hingga keseluruhan bisa dilihat dari luar, dari bagian depan hingga bagian dalam, yang bagian dalamnya penuh dengan kenikmatan, kelezatan dan kesenangan yang belum pernah matanya melihat, telinganya pun belum pernah mendenganr dan belum terlintas dalam hati manusia. kata Jabir, "Untuk siapakah kamar - kamar itu?" Nabi menjawab, " Untuk mereka yang mengucapkan salam , bersedekah makanan, membiasakan berpuasa (wajib dan sunah), bersholat malam (tahajud) ketika manusia sedang tidur!" Para sahabat bertanya"" Siapakah yang kuat seperti itu?" Jawab Nabi, Umatku kuat semacam itu, dan akan kuterangakan tentang hal itu; barang siapa yang menjumpai saudaranya di tenganh jalan, maka ucapkanlah salam atau balaslah salamnya, jika yang bersangkutan mengucapkan salam. Barang siapa yang memberi makan keluarganya dan tanggung jawabnya dalam bentuk makanana hingga kenyang, maka yang bersangkutan telah bersedekah makanan. Dan barang siapa yang berpuasa sunnah tiga hari dalam setiap bulanya, maka yang bersangkutan telah membiaskan berpuasa. Dan barang siapa bershalat Isya yang akhir dan bersholat subuh berjamaah, maka yang bersangkutan telah bersholat malam, ketika orang - orang telah tidur!
(H.R. Abu Nu'aim dari shahabat Jabir ra.).

Adapun puncak kenikmatan surga adalah, bisa melihatnya penduduk surga kepada nur Allah Azza Wajalla. Diriwayatkan oleh Jabir ra, Sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda:" Di antara kenikmatan penduduk surga adalah ketika ada nur yang menyinari mereka. Mereka sama - sama mengangkat kepalanya. Maka tiba - tiba Tuhan Yang Maha Mulia telah melihat mereka dari atas mereka, lalu Allah memberi salam : Semoga Rakhmat tetap tercurahkan kepada kamu, wahai penduduk surga! Dalam firman Allah telah menyatakan:

"Kepada mereka (dikatakan) "Salam" sebagi ucapan dari Tuhan Yang Maha Penyanyang"
(Q.S. yasin:58)

Ketika itu, Allah melihat kepada penghuni surga dan penghuni surgapun melihat meliaht kepada Allah Ta'ala. Mereka tidak berpaling sedikitpun pada kenikmatan yang lain, karena kemegahan dan keagungan Dzat Allah Ta'ala di mata mereka, hingga mereka lupa pada seluruh kenikmatan yang ada, sebab lezatnya melihat bagusnya Dzat yang mempunyai Keagungan. Segala kenikmatan penduduk surga menjadi tak berarti lagi, dibandingkan dengan kenikmatan melihat Dzat Allah Swt.

Sekian semga artikel tentang surga ini bermanfaat dan memberikan semangat lagi untuk menuju Taqwa kepada Allah Swt. Untuk membaca selengkapnya tentang surga sari artikel awal silakan klik link di bawah. Wassalamu'alaikum Wr. Wb




0 comments:

Post a Comment