Sunday, April 28, 2013

Bentuk Jembatan Shirath di atas Neraka

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah kali ini saya punya kesempatan untuk menambah koleksi artikel pada blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang bentuk Jembatan Shirath di atas Neraka. Shirat yaitu jembatan yang memanjang di atas Neraka Jahanam, yang bentuknya lebih kecil daripada rambut, lebih tajam dari pada pedang. Sedangkan neraka Jahanam itu berada di bawah shirat dengan apinya yang menjilat - jilat. Adapun Malaikat Zabaniyah terus melempar orang ahli maksiat yang melewati shirat tersebut.

Di atas shirat terdapat tujuh tempat pemberhentian, sedangkan panjang shirat itu sendiri kira - kira 3.000 tahun perjalanan, 1.000 tahun naik, 1.000 tahun menurun dan 1.000 tahun mendatar. Dan pada tiap - tiap pemberhentian, manusia akan ditanya tentang suatu pertanyaan. Pertama, manusia akan ditanya tentang keimanan. Kedua, manusia akan ditanya tentang shalat. Ketiga, manusia akan ditanya tentang zakat. Keempat, manusia akan ditanya tentang puasa. Kelima, manusia akan ditanya tentang Haji. Keenam, manusia akan ditanya tentang penganiyaan dan keteledorannya.

Di dalam sesuatu yang disebutkan ini, semua manusia akan berhenti, dan setiap pemberhentian itu lamanya 1.000 tahun. Jika tidak menghadapi hambatan dalam pemeriksaaan, orang itu akan lewat pada setiap pemberhentian kurang dari satu jam.

Pada hari kiamat itu terjadi hanya satu hari. Adapun perkiraan satu hari itu lamanya sama dengan 1.000 tahun. Dan seluruh manusia akan mengelami 50 kali pemberhentian. Setiap makhluk akan berhenti pada tiap - tiap pemberhentian lamanya kira - kira 1.000 tahun.

Wahab berkata : Sesunguhnya Nabi Saw pernah berdo'a : "Wahai Tuhanku, selamatkan umatku, umatku".

Seluruh makhluk nanti akan melewati shirat, sehingga ada sebagian mereka naik pada sebagian yang lain. sedangkan posisi shirat itu terus terombang - ambing, seperti perahu di lautan yang tertiup angin kencang. 

Maka lewatkan golongan yang pertama, seperti kilat yang menyambar. Golongan kedua, seperti angin kencang. Golongan ketiga, seperti burung yang terbang cepat. Golongan keempat, seperti kuda yang berlari kencang. Golongan kelima, seperti orang yang berjalan cepat. Golongan keenam, seperti berjalannya binatang (kerbau , sapi). Golongan ketujuh, kira - kira perjalanan sehari semalam. Ada pendapat, kira - kira lamanya satu bulan. Ada pendapat yang lain mengatakan, kira - kira lamanya satu tahun, dua tahun dan tiga tahun, sehingga waktu yang paling lama dalam melewati shirat adalah 15.000 tahun, dari tahun dunia. 

Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat sebagai pengetahuan tentang jembatan shirat, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Baca juga: 
    

0 comments:

Post a Comment