Sunday, May 26, 2013

Kisah tentang rezeki datang tak terduga

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kisah tentang rezeki datang tak terduga. At-Tanukhi dalam bukunya Al-Faraj Ba'dasyy" Syiddah, menuliskan cerita yang sesuai dengan bahasa Indonesia. Ada seorang lelaki yang sedang putus asa, semua pintu rezeki tertutup baginya. Bahkan, suatu hari dia dan keluarganya tidak makan karena tidak ada apa - apa di rumahnya. Katanya "Pada hari pertama, saya dan keluarga saya kelaparan. Pada hari kedua, juga sama." Tatkala matahari hampir tenggelam istrinya berkata kepadanya, 'Pergilah kamu, pergi dan carilah rezeki buat kami atau apa saja yang bisa dimakan, sebab kali ini kita hampir mati'. 

Kemudian dia pun teringat kepada seorang wanita kerabat dekatnya. Dia ceritakan perihal yang sedang mereka alami. Wanita itu berkata,"saya gak punya apa - apa selain ikan yang telah busuk ini,"Kata lelaki itu, "Berikan itu kepada kami sebab kami hampir mati kelaparan". Ikan itu dibawa olehnya dan kemudian ikan itu dibelah perutnya.

Ternyata di dalam perut ikan itu terdapat mutiara. Mutiara itu dijual olehnya seharga seribu dinar. Hal itu, kemudian diberitahukan kepada wanita kerabat yang mengasihnya. Kata dia,"Saya tidak akan mengambil apa - apa kecuali bagian saya." Setelah itu lelaki tadi menjadi kaya. Rumahnya dilengkapi dengan perabotan, kehidupanyapun mulai membaik, dan jalan rezekinya menjadi semakin lapang. Tak lain, ini semua adalah kebaikan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudaratan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan. (Q.S. An- Nahl:53)

Sekian yang dapat saya sampaikan semoga kisah di atas dapat memberikan pelajaran bagi kita, Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

Artikel terkait:

0 comments:

Post a Comment