Wednesday, May 22, 2013

12 Golongan umat manusia ketika dibangkitkan dari kubur

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang 12 golongan umat manusia ketika dibangkitkan dari kubur. Di dalam hadist yang bersumber  dari Ma'adz bin Jabal ra, ia menerima hadist ini dari Rasulullah Saw, bahwasanya Rasulullah Saw, pernah bersabda "Ketika terjadi kiamat, yaitu hari kerugian dan hari penyesalan, maka Allah Ta'ala mengumpulkan umatku dari kubur, mereka menjadi 12 bagian.

Adapun bagian yang pertama  / golongan pertama: 
Mereka dikumpulkan darikuburnya dengan tidak memiliki tangan dan kaki. Lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat Yang Maha Penyayang: "Inilah orang - orang yang suka menyakiti tetangga, mereka mati sebelum bertaubat. Dan inilah pembalasan mereka, tempat kembalinya adalah neraka". Dalam hal ini Allah Ta'ala telah memperingatkan dalam firman-Nya:
"Tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh teman sejawat.(Q.S. An-Nisa':36)

Bagian / golongan yang kedua:
Mereka dikumpulkan dari kuburnya dengan bentuk binatang. Ada yang mengatakan, bahwa binatang itu adalah celeng. kemudian ada pemanggil dari hadapan Dzat Yang Maha Penyayang: "Mereka ini adalah orang - orang yang meremehkan sholat, mereka mati sebelum bertaubat. Inilah pembalasan mereka, tempat mereka adalah neraka". Sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah dalam firman-Nya:
Maka kecelakaan akan menimpa orang - orang yang shalat, yaitu orang - orang yang lalai dari shalatnya. (Q.S. Al-Ma'un: 4-5).

Bagian / golongan ketiga:
Mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan perutnya seperti gunung, yang dipenuhi oleh ular dan kalajengking, mereka itu seperti keledai. Lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat Yang Maha Penyayang: "Mereka ini adalah orang - orang yang tidak mau membayar zakat, mereka mati sebelum bertaubat, inilah pembalasan mereka. Dan tempat mereka kembali adalah ke neraka". Dalam hal ini Allah Ta'ala telah memperingatkan dalam firma-Nya:
Dan orang - orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka , (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. pada hari dipanaskan emas perak itu di dalam neraka Jahanam. (Q.S. At-Taubah:34,35)

Bagian / golongan keempat: 
Mereka dikumpulkan dari kuburnya dengan mulutnya mengalir darah, sedagkan ususnya kengser ke bumi , dan api keluar dari mulutnya. Lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat Yang Maha Penyayang: "Mereka ini adalah orang - orang pendusta, mereka mati sebelum bertaubat, mak inilah pembalasan mereka, sedangkan tempat kembali mereka adalah ke neraka ". Hal ini telah diperingatkan oleh Allah dalam firman-Nya:
Sesungguhnya orang - orang yang menukar janji Allah dan sumpah - sumpah mereka dengan harga yang sedikit. (Q.S. Ali Imran:77)

Bagian / golongan kelima:
Mereka dikumpulkan dari kuburnya dengan keadaan berbau busuk , bau mereka ini lebih bacin dari bangkai. Lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat yang Maha Penyayang: "Inilah orang - orang yang menyimpan kemaksiyatannya dengan menyembunyikan di hadapan manusia, dan tidak takut di hadapan Allah, mereka mati sebelum bertaubat. Inilah pembalasan mereka dan tempat mereka adalah neraka". Kebusukan siasat kemaksiatan telah disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya:
Mereka tersembunyi dari (hadapan) manusia tetapi mereka tidak tersembunyi dari Allah.(Q.S. An-Nisa':10).

Bagian / golongan keenam:
Mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan terpotong tenggorokannya dari tengkuknya. Lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat Yang Maha Penyayang: "Mereka ini adalah orang - orang yang memberikan saksi dusta, mereka mati sebelum bertaubat. Inilah pembalasan mereka dan tempat mereka kembali adalah ke neraka". Seperti yang disebutkan oleh Allah dalam Firman-Nya:
Dan orang - orang yang tidak memberikan persaksian palsu. (Q.S. Al-Furqan:72)

Bagian / golongan ketujuh:
Mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan tidak mempunyai lidah , dan dari mulutnya mengalir darah serta nanah. lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat Yang Maha Penyayang: "Inilah orang - orang yang mencegah memberikan persaksian yang benar, mereka mati sebelum bertaubat. Maka inilah pemabalasanya dan tempat mereka kembali adalah ke neraka". dalam hal ini Allah Ta'ala telah memperingatkan dalam firman-Nya:
Dan barngsiapa yang menyembunyikan sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya. (Q.S. Al-Baqarah:283).

 Bagian / golongan kedelapan:
Mereka dikumpulkan dari dalam kuburnya dengan menundukan kepalanya, sedangkan kakinya berada di atas kepalanya, dari farjinya mengalir nanah termasuk nanah kental. Lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat Yang Maha Penyayang: "Inilah orang - orang yang ahli zina, mereka mati sebelum bertaubat, dan inilah pembalasanya, sedangkan tempat kembali mereka adalah ke neraka". Dalam hal ini Allah ta'ala telah memperingatkan dalam firman-Nya:
dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk(Q.S. Al-Isra': 32)

Bagian / golongan kesembilan:
Mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan hitam wajahnya dan matanya melotot , serta perutnya dipenuhi oleh api. Lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat yang Maha penyayang: "Inilah orang - orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, mereka mati sebelum bertaubat, sedangkan tempat kembali mereka adalah neraka"". Sebagaimana yang disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya:
Sesungguhnya orang - orang yang memakan harta anak yatim secara dzalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala - nyala(neraka). (Q.S. An-Nisa':10)

Bagian / golongan kesepuluh:
Mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan berpenyakit kusa dan belang. Lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat Yang Maha Penyayang: "Inilah orang - orang yanag mendurhakai kedua orang tuanya, mereka mati sebelum bertaubat, maka ini adalah pembalasanya sedangkan tempat kembali mereka adalah neraka". Allah Ta'ala telah memperingatkan dalam firman-Nya:
Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak. (Q.S. An-Nisa:36)

Bagian / golongan kesebelas:
Mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan buta hatinya dan gigi - giginya seperti tanduk sapi, sedang bibirnya kengser di atas dadanya, lidahnya kengser di atas perutnya, perutnya kengser di atas pahanya, dan dari perutnya keluar kotoran. Lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat yang Maha Penyayang: "Inilah orang - orang yang senang minum arak (khamer), mereka mati sebelum bertaubat, dan ini merupakan pemabalasan mereka, adapun tempat kembali mereka adalah ke neraka"". Dalam hal ini Allah Ta'ala telah memperingatkan dalam firman-Nya:
Hai orang - orang yang beriman , sesungguhnya (meminum) khamer, berjudi , (berkurban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan.(Q.S. Al-Maidah:90)

Bagian / golongan keduabelas:
Mereka dikumpulkan dari kuburnya dengan wajah bersinar seperti sinar bulan purnama, mereka melewati shirath seperti kilat yang menyambar. Lalu ada pemanggil dari hadapan Dzat Yang Maha Penyayang: "Inilah orang - orang yang beramal shalih dan menjahui kemaksiatan, senantiasa menjaga shalat lima waktu dengan berjamaah, mereka mati dalam keadaan bertaubat, maka ini merupakan pembalasan mereka, sedangkan tempat kembali mereka adalah ke surga. Mereka dalam pengampunan, keridhaan , rahmat serta kenikmatan, karena sesungguhnya mereka ridho terhadap (segala perintah ) Allah, dan Allah pun ridho kepada mereka. Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya:
Sesungguhnya orang - orang yang mengatakan : Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan) janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah dengan surga yang telah dijanjikan oleh Allah kepadamu. (Q.S. Fushilat: 30)

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang 12 golongan umat manusia ketika dibangkitkan dari kubur, semoga tulisan ini menjadikan kita untuk bersemangat lagi untuk beribadah kepada Allah Swt. Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Artikel terkait:
  

3 comments:

  1. maaf itu artikel di atas dasar hadits nya apa ya ??? shahih atau tidak ???

    ReplyDelete
  2. TOLONG PADAMKAN ARTIKEL TERSEBUT. ITU HADIS PALSU ITU.

    Hadis di atas tercantum dalam Kitab Durratun Nashihin…

    Hadis tersebut adalah hadis riwayat al-Tsa’laby, dan Ibnu Mardawaih dari hadis al-Barra’ bin ‘Azib dari Mu’adz bin Jabal Ra. Beberapa ulama tafsir menyebut hadis di atas dalam tafsir mereka seperti al-Qurthuby, dan al-Baidhowy dalam menafsirkan QS. An-Naba’ ayat 18.

    Dalam penelitian Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqy dinilai status riwayat hadis tersebut: MUNGKAR karena dalam sanadnya terdapat lebih dari seorang perawi yang tidak dikenal ulama hadis dan tidak diketahui level ketsiqohannya (majhulin).

    Syaikh al-Albani yang juga melakukan penelitian ini menulis dalam Kitabnya “Silsilah al-Dho’ifah” bahwa hadis tersebut PALSU (Maudhu’).

    Demikian..

    Semoga kita lebih berhati-hati dalam menyebarluaskan hadis.. dan waspada dari hadis PALSU..

    ReplyDelete