Saturday, March 30, 2013

Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Mengenal kehidupan Rasullullah SAW, kali ini saya akan menulisan artikel tentang kelahiran Nabi Muhammad SAW...

Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutholib dilahirkan pada senin malam, tanggal12 Rabi'ul Awwal Tahun Gajah.

"Aku dan Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada tahun Gajah. Kami berdua sebaya (dilahirkan dalam waktu yang bersamaan)." Demikian pengakuan Qais bin Makhramah.

Hasan bin Tsabit juga memberikan pengakuan atas kelahiran Nabi SAW. Dia, Ka'ab bin Malik dan Abdullah Rawahah (salah satu diantara para penyair pada masa Nabi SAW), menjelaskan:

"Sungguh, saya adalah seorang anak yang benar - benar jenius. Pada saat berumur tujuh tahun, saya telah mampu menangkap dan mengingat semua yang saya dengar. Suatu ketika saya mendengar seorang Yahudi berteriak dengan suara yang sangat lantang di atas sebuah benteng Yatsrib: "wahai segenap orang Yahudi." setelah itu orang - orang berkumpul dan mereka bertanya: "Ada apa? Apa yang terjadi? orang berteriak itu menjawab:"Malam ini, sebuah bintang terbit dan aku memuji orang yang dilahirkan saat ini."

Setelah ibu Nabi SAW. Aminah binti Wahb, melahirkan beliau, dia mengutus orang untuk memberi kabar kepada sang kakek, Abdul Muththalib, bahwa ia telah melahirkan seorang anak laki -  laki. Mendengar berita itu, Abdul Muththalib lalu memberi nama Muhammad. Seperti umumnya masyarakat Makkah, keluarga Nabi SAW segera mencari perempuan lain untuk menyusuinya. Nabi Muhammad disusui oleh Halimah binti Abu Dzu'aib, seorang perempuan dari keturunan Sa'ad bin Bakar sehingga ia juga dikenal dengan Halimah al-Sa'diyah.

Sekian sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW...kita bisa tahu kapan dilahirkan, nama ibu,ayah,kakek dan yang menyusui Rasulullah ketika masih bayi...  Insya Allah bersambung lagi
Wassalamu'alikum.Wr.Wb...

0 comments:

Post a Comment