Thursday, March 28, 2013

Ciri - ciri Orang yang Memiliki Motivasi Tinggi



Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Motivasi bisa datang dari mana saja lebih - lebih datang dari diri sendiri. Kali ini saya akan berbagai tentang karakteristik orang yang memiliki motivasi tinggi. Sudah sampai manakah motivasi yang kita miliki?... semoga tulisan ini bisa memacu motivasi kita.


Yang pertama, orang yang memiliki motivasi tinggi tidak akan mengendurkan tekadnya. 

Allah berfirman, "... Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertaqwalah kepada Allah.." (Q.S. Ali-Imran:159). Karenanya, ketika kita mencanangkan target, jangan meninggalkannya sampai berhasil mewujudkannya meskipun menghadapi berbagai rintangan. 

Allah berfirman.. "Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan ..."(Q.S. Asy-Syarh:6).

Yang kedua, orang yang memiliki motivasi tinggi tidak ridha pada sesuatu yang remeh. Ia hanya bisa puas dengan urusan - urusan yang besar. Oleh karena itu, ia tidak ridha selain dengan Surga. Karenanya, ketika engkau meletakan Surga di hadapan kedua matamu, engkau tidak terima selain meraih Surga tersebut, bagaimanapun situasinya.

Yang ketiga, orang yang memiliki motivasi tinggi rela mengorbankan jiwa dan barang berharga demi mendapatkan tujuannya dan mewujudkan cita - citanya. Oleh sebab itu tahu betul, kemulian itu membutuhkan perjuangan, kebaikan dan keberuntungan tak dapat direngkuh kecuali dengan kesulitan, pun tidak dapat digapai selain harus menyeberangi jembatan kelelahan. Segala sesuatu terasa mudah bila diniatkan karena Allah. Niscaya, berbagai kesulitan terasa ringan dan engkau sanggup mengatasinya.

Yang keempat, orang yang memilki motivasi tinggi, dengan penuh percayadiri, kekuatan dan keberanian, ia melihat kearah tujuanya ia tetapkan bermodalkan bukti dan ilmu. Lalu, dengan gagah berani ia mengarungi kondisi - kondisi yang mengerikan dan tidak memperdulikanberbagai kesulitan.

Allah berfirman,"Dan barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh - sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang - orang yang usahanya dibalas dengan baik.(Q.S. Al-Isra': 19)

Yang kelima, orang yang memiliki motivasi tinggi itu menyesali waktunya yang telah berlalu di dunia dan tidak ia isi dengan dzikir kepada Allah.

Yang keenam, orang yang bermotifasi tinggi itu berpikiran bahwa bila ia tidak bisa menghasilakan sesuatu yang baik untuk dunia, ia hanya akan menambah dunia penuh dan sesak. Berpijak pada prinsip ini, ia tidak mau menempati ruang pinggir kehidupan. Tetapi ia bertekad harus menjadi unsur yang berpengaruh dalam inti dan subtansi kehidupan.

Yang ketujuh, orang yang memiliki motivasi tinggi tidak tertarik dengan sesuatu yang fana dan tidak puas dengan kehidupan palsu. 

Yang kedelapan, orang yang memiliki motivasi yang tinggi itu bermartabat, mengetahui kedudukan dirinya tanpa merasa sombong, ujub maupun congkak. 

Yang kesembilan, orang yang memiliki motivasi tinggi itu berjiwa mandiri, tidak suka bergantung pada orang lain. Ia membangun keluhuran dengan jerih payah dirinya, tidak mengandalkan kehormatan keturunan maupun nasabnya.

Itulah sembilan ciri - ciri atau karakteristik orang yang memiliki motivasi yang tinggi dalam segala hal. Orang yang bemotivasi tinggi jiwanya senantiasa terlindungi dalam benteng yang kokoh dan pagar yang kuat. Sekian tulisan dari saya, insya Allah bersambung lagi dengan tulisan yang lain.
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment