Thursday, December 5, 2013

Pengertian Sedekah dan pendapat beberapa salaf tentang sedekah

Assalamu'alaikum wr.wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang pengertian sedekah. Secara etimologi, sedekah adalah kata benda yang dipakai untuk suatu hal yang disedekahkan. Kata tersebut diambil dari unsur huruf shad,dal dan qaf, serta dari unsur ash-shidiq (benar atau jujur). Sebab, sedekah itu menunjukan kebenaran penghambaan seseorang kepada Allah.
Al- Jurjani berkata, " Sedekah ialah sebuah pemberian yang diberikan karena mengharap pahala dari Allah."
An-Nawawi berkata" Dinamakan sedekah karena ia membuktikan kejujuran pelakuknya dan kebenaran imannya secara lahir dan batin. Dengan demikian sedekah merupakan kejujuran dan kebenaran iman orang yang bersangkutan.

Pendapat beberapa salaf mengenai sedekah:
Umar r.a. berkata, "Amal itu saling berbangga diri satusama lain. Sedekah berkata, 'Saya ialah yang terbaik diantara kalian,saya adalah yang terbaik diantara kalian.' Abdul Aziz bin Umair berkata, " Shalat akan mengantarkanmu menuju setengah perjalanan, puasa akan mengantarkanmu sampai depan pintu sang Raja, Allah, sedangkan sedekah akan memasukanmu (untuk bertemu dengan-Nya)."

Ibnu Abi Al-Ja'd berkata,"Sedekah itu menghilangkan tujuh puluh pintu keburukan".
Yahya bin Muadz berkata," Saya tidak mengetahui suatu biji yang beratnya mengimbangi gunung dunia, kecuali sedekah.".
Seorang saleh bila didatangi orang fakir yang meminta sedekah berkata,"Selamat datang wahai orang yang mebawa perbekalan kami untuk menuju Rabb kami!". Maksud perbekalan itu ialah kebaikan dan amalan -amalan yang mendekatkan diri menuju keridhaan Allah.

Sekian yang dapat saya sampaikan tentang pengertian sedekah dan pendapat beberapa salaf, semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr.wb.
  

0 comments:

Post a Comment