Sunday, June 9, 2013

Kata Mutiara Nasehat yang bersumber dari Al-Qur'an part II

Assalamu'alaikum Wr.Wb. 
Pada kesempatan kali ini akan saya manfaatkan untuk menyampaikan mutiara nasehat yang bersumber dari Al-Qur'an. Sebagai pelengkap apa yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Apapun yang kita lakukan asalkan itu suatu yang baik Insya Allah bepahala. Marilah kita saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Semoga Allah selalu melimpahkan rahma-Nyat kepada kita semua.

" Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati" (Q.S. Ali-Imran : 139). Karena kalian lebih tinggi dalam hal akidah dan pemahaman hukum - hukum agama. Kalian lebih tinggi dalam pemahaman manhaj dan sirah. Kalian lebih tinggi dalam hal askripsi dan dasar. Dan kalian lebih tinggi dalam hal moralitas dan perilaku.

"Sesungguhnya Tuhan-mu Maha luas ampunan-Nya"(Q.S. An-Najm32). Dia mengampuni orang yang berbuat dosa, menerima taubat, mengampuni kesalahan, menghapuskan kesalahan kecil, menutupi kesalahan, dan memberikan taubat kepada orang yang bertaubat.

"Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah" (Q.S. Yusuf : 87). Karena pertolongan-Nya sangat dekat, kebaikan-Nya akan diturunkan di dunia, kemudahan yang diberikan-Nya mudah sekali didapatkan, kemuliaan-Nya sangat luas, dan karunia-Nya menyeluruh kepada siapa saja.

"Dan, Dia adalah Maha Penyayang di antara para penyayang" (Q.S. Yusuf : 64). Dia menjaga yang gaib, menolak yang asing, menunjuki orang yang sesat, menyehatkan orang yang sakit, menolong orang yang mendapat musibah, dan melepaskan kesulitan.

"Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakal" (Q.S. Al-Ma'idah : 23). Karena itu , serahkan semua urusan itu kepada-Nya. Kembalikan semua masalah hanya kepada-Nya. Adukan semua yang Anda alami hanya kepada-Nya semata. Terimalah semua karunia_Nya dengan penuh keridhaan dan merasa tenaglah dengan penjagaan-Nya.

"Mudah - mudahan Allah mendatangkan kemenangan (kepada Rasul-Nya)" (Q.S. Al- Ma'idah:52). Yakni untuk membukakan semua gembok kesulitan, mengangkat semua musibah yang berat, menghilangkan malam - malam yang terasa panjang, menentramkan hati yang gundah, dan memperbaiki keadaan. 

"Kamu tidak mengetahui barangkali Allah mengadakan sesudah itu suatu hal yang baru" (Q.S. Ath-Thalaq:1). Termasuk di antaranya menghilangkan kegundahan, mengusir keresahan, menghapus kesedihan, memudahkan urusan, dan mendekatkan yang jauh.

"Setiap waktu Dia dalam kesibukan" (Q.S. Ar-Rahman: 29). Dia menghapuskan penderitaan, mengampuni dosa, memberi rizki, menyembuhkan orang sakit, melindungi orang yang sedang diuji, membebaskan orang yang dipenjarakan dan merekatkan sesuatu yang cerai-berai.

"Karena sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan"(Q.S. Al-Insyirah: 5). Yakinlah bahwa setelah kefakiran akan ada kekayaan, setelah sakit ada sehat, setelah sedih ada gembira, setelah kesempitan ada kelapangan, setelah penjara ada kebebasan, dan setelah lapar ada kenyang.

Renungan yang sangat menyetuh keadaan saya pada saat ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfa'at pada kita semua. Sekian yang dapat saya sampaikan pada saat ini, kebenaran itu datang dari Allah dan apabila ada kesalahan itu dari diri saya sebagai manusia biasa. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Artikel yang terkait:

0 comments:

Post a Comment