Thursday, June 6, 2013

Kata - kata Mutiara Nasehat yang bersumber dari Al-Hadist bagian II

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Kata - kata Mutiara Nasehat yang kali ini saya akan bagikan adalah bersumber dari Al-Hadist. Nasehat - nasehat yang bisa untuk renungan bagi kita semua. 

"Jauhilah olehmu sekalian akan yang berlebih - lebihan" (Al-Hadist). Tapi pegang teguhlah sunah, sekedar mengikuti sunah dan bukan menciptakan bid'ah , yang mudah bukan menyulitkan, yang bersahaja dan bukan yang ekstrim, hanya mengikuti tanpa harus menambah - nambahi.

"Umatku umat yang disayang"' (Al-Hadist). Umat Nabi Muhammad Saw memang diarahkan oleh Tuhan-nya. Rasulnya adalah pemimpin para rasul, dan agamanya pun adalah agama yang terbaik, sehingga umat ini menjadi umat yang paling baik dan syariatnya juga yang terbaik.

"Yang akan mencicipi nikmatnya iman adalah orang yang ridha kepada Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai rasul" (Al-Hadist). ketiga hal ini adalah rukun keridhaan dan pokok keberhasilan.

"Jadilah di dunia ini seperti orang asing"" (Al-Hadist). Yang hanya butuh sepotong roti, seteguk air, sehelai kain, butuh beberapa hari, malam - malam yang bisa dihitung dan kemudian dunia ini berakhir. Ketika sudah di dalam kubur, tidak ada bedanya yang paling kaya dan yang paling miskin.

"Wahai bilal, dirikanlah shalat, dan tenangkan kami dengannya".(Al-Hadist). Shalat adalah banjir bah dari ketenangan, adalah sungai yang mengalirkan perasaan tenang itu sendiri, adalah angin sejuk yang menerpa jiwa dan akan memadamkan api ketakutan dan kesedihan.

"Orang yang ridha kepada Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul, maka itiu sudah menjadi hak Allah untuk meridhai"(Al-Hadist). Ini merupakan rukun ridha.

Sekian mutiara nasehat yang bersumber dari Al-Hadist yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. 
Wassalmu'alaikum Wr.Wb.

Artikel terkait:

1 comment: