Thursday, February 27, 2014

Pengertian dan Teknik Menggiring dan menembak bola basket

Assalamu'alaikum wr. wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang teknik menggiring dan menembak bola basket.
A. Menggiring Bola 
Menggiring/mendribel  bola  adalah  upaya membawa bola  dengan  cara  memantul-mantulkan  bola  ke lantai.  Kegunaan dari teknik dasar menggiring adalah untuk mencari peluang serangan, menerobos pertahanan lawan, dan memperlambat  tempo  permainan.  Menggiring dapat  dilakukan dengan  sikap berhenti  ataupun  jalan. Adapun  pelaksanaannya dapat dilakukan dengan tangan kanan atau tangan kiri. Teknik menggiring yang benar adalah menggunakan telapak tangan dan seluruh jari-jari dengan pergelangan tangan aktif, namun tetap rileks (tidak kaku). Sebagai poros gerakan, yaitu siku, bola didorong/dipantulkan ke lantai dan pantulan bola seolah-olah menempel pada telapak tangan, posisi badan condong ke depan.

Macam teknik menggiring bola adalah sebagai berikut.
1.  Menggiring bola rendah (untuk kontrol/penguasaan).
2.  Menggiring bola tinggi (untuk kecepatan).
3. Lay-up
Lay-up, yaitu menembak bola sedekat mungkin dengan ring basket yang didahului dengan dua langkah. Kalau langkahnya  dimulai  dengan  kaki  kanan,  gerakannya kanan – kiri - lompat. Kalau dimulainya kaki kiri maka gerakannya kiri – kanan – lompat.

B. Menembak (Shooting)
Menembak  (shooting)  adalah  upaya  seorang  pemain untuk memasukkan bola ke keranjang basket. Ditinjau dari posisi  badannya  terhadap  papan  maka shooting dibedakan menjadi  dua,  yaitu  menghadap papan  (facing  shoot)  dan membelakangi papan (back up shoot). Menembak  bola  dapat  dilakukan dengan  dua  tangan ataupun  dengan  satu  tangan,  tetapi  yang  biasa  dilakukan adalah dengan satu tangan.

1. Menembak dengan satu tangan di atas kepala.
2.Tembakan lay-up
3.Tembakan kaitan.
4.Tembakan sambil melompat (jump shoot)

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum wr.wb.

0 comments:

Post a Comment