Tuesday, February 18, 2014

Fadhilah Membaca Al-Qur'an

Assalamu'alaikum wr.wb.
Banyak fadhilah yang dijanjikan Allah Awt di balik membaca Al-Qur'an diantanya adalah:

1. Menjadi Ahli Allah di dunia
Ketika menjadi keluarga-Nya, maka ketika melangkah ada di jalan keridhoan-Nya. Ketika marah maka marah karena-Nya. Ketika sedih maka sedih karena-Nya. Ketika mengharap sesuatu maka berharap karena-Nya, dan seterusnya semua karena-Nya. 
Rosulullah Saw bersabda:
"Allah memiliki keluarga dari kalangan manusia". Para sahabat bertanya, "Siapakah mereka wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, " Mereka Ahli Al-Qur'an. Mereka adalah Ahli Allah dan orang-orang istimewa-Nya."(Shaih Al-Jami').

2. Menjadi syafaat bagi yang membacanya.
Orang yang rajin membaca Al-Qur'an ketika hidup di dunia, maka bacaan Al-Qur'annya itu akan membantu menyelamatkannya dari siksaan yang pedih. Jikalau kakinya sudah mau melangkah menuju neraka, maka bacaan Al-Qur'an itu akan menariknya menuju surga. Ini merupakan suatu kenikmatan yang luar biasa.
Rasulullah Saw bersabda:
"Bacalah Al-Qur'an, karena ia akan datang sebagai pemberi syafaat bagi yang membacanya."
(H.R. Muslim)

3. Mendapat pahala yang banyak
Al-Qur'an terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6.236 ayat. Setiap huruf yang dibaca mengandung satu kebaikan. Kemudian satu kebaikan itu dilipat gandakan pula hingga sepuluh kebaikan.
Rasulullah Saw bersabda:
" Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan mim satu huruf."
(Shahih Al-Jami')

4. Mendapat do'a para Malaikat.
Malaikat adalah hamba Allah Swt yang suci dari dosa dan maksiat. Saking sucinya, jikalau mereka berdo'a maka Allah Swt pasti akan mengabulkannya. Salah satu jalan mendapatkan doa mereka adalah dengan membaca Al-Qur'an. Setiap kali membaca Al-Qur'an maka pada saat yang bersamaan mereka juga mendo'akan dengan kebaikan.
Rasulullah Saw bersabda:
"Tidaklah satu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah seraya membaca kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, kemudian diturunkan ketenangan kepada mereka, dilingkupi oleh rahmat, dibentangkan sayapnya oleh para Malaikat, dan Allah menyebutkannya terhadap siapa yang ada di sisi-Nya."
(H.R. Muslim)

5. Mendapatkan nikmat sesungguhnya dan boleh didengki.
Iri dan dengki itu adalah perbuatan terlarang, kecuali dalam tiga hal. Salah satunya adalah iri kepada orang yang rajin membaca Al-Qur'an.
Rasulullah Saw bersabda:
"Tidak ada kedengkian kecuali dalam dua perkara, laki -laki yang diberikan Al-Qur'an, kemudian membacanya sepanjang malam."
(H.R. Bukhari dan Muslim)

6. Ditinggikan derajatnya
Umar bin Khattab Ra mengatakan:
"Sesungguhnya Allah meninggikan suatu kaum dengan kitab ini dan merendahkan yang lainnya."

7. Mendapatkan kemuliaan yang besar
Rasulullah Saw bersabda:
" Pemisalan mukmin yang membaca Al-Qur'an adalah seperti  Utrujah, baunya harum dan rasanya enak. Pemisalan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur'an adalah seperti kurma, tidak ada baunya dan rasanya manis. Pemisalan orang munafik yang membaca Al-Qur'an adalah seperti Raihanah, baunya harum dan rasanya pahit. Pemisalan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur'an adalah seperti buah simalakama, tidak ada baunya dan rasanya pahit."
(H.R. Al-Bukhari dan Muslim).
Demikian yang dapat saya sampaikan tentang fadhilah membaca Al-Qur'an, semoga bermanfaat. Waallahua'alam, wassalamu'alaikum wr.wb.

0 comments:

Post a Comment