Tuesday, January 28, 2014

Hadits Arba'in ke-21 " Iman dan Istiqomah "

Assalamu'alaikum wr.wb.
Hadits ke-dua puluh satu
Iman dan Istiqomah



Terjemah hadits :
Dari Abu Amr, -ada juga yang mengatakan- : Abu  ‘Amrah,  Sufyan  bin  Abdillah  Ats  Tsaqofi radhiallahuanhu  dia  berkata,  saya  berkata:  Wahai  Rasulullah, katakan kepada saya tentang Islam sebuah 
perkataan  yang  tidak  saya  tanyakan  kepada  seorangpun  selainmu.  Beliau  bersabda,  Katakanlah:  saya beriman  kepada  Allah,  kemudian  berpegang  teguhlah.(Riwayat Muslim).

Kandungan Hadist : 
1.  Iman  kepada  Allah  ta’ala  harus  mendahului  ketaatan. 
2.  Amal saleh dapat menjaga keimanan. 
3.  Iman  dan  amal  saleh  keduanya  harus  dilaksanakan. 
4.  Istiqomah merupakan derajat yang tinggi. 
5.  Keinginan  yang  kuat  dari  para  shahabat  dalam  menjaga agamanya dan merawat keimanannya. 
6.  Perintah  untuk  istiqomah  dalam  tauhid  dan  ikhlas  beribadah hanya kepada Allah semata hingga mati. 

Tema-tema hadits: 
1. Bertanya untuk mendapatkan kebaikan : 2: 149, 2:  512, 2: 217, 2: 219, 2: 219, 2:220. 
2.  Iman dan istiqomah:  41: 30,  46 : 13,  72: 16,  15:  99 

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang hadits Arba'in yang ke - 21, semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 comments:

Post a Comment