Friday, January 17, 2014

5 Kiat Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad Saw

Assalamu'alaikum wr.wb.
Salah satu usaha untuk mencegah supaya kita tidak mudah sakit adalah mengikuti cara hidup sehat yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi 5 kiat hidup sehat Ala Nabi Mahammad Saw. 

1. Nabi Muhammad Saw sangat selektif dalam memilih makanan yang halalan dan thayyiban.
Rosulullah Saw hanya makan makanan yang halal, dalam arti bukan makanan haram yang diperoleh dari usaha atau cara yang tidak dibenarkan secara syariat. Halal terkait dengan urusan akhirat, sementara thayyib terkait dengan urusan duniawi, seperti baik tidaknya untuk kesehatan kita atau bergizi atau tidaknya makanan yang kita makan.

2. Rosulullah Saw tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.
Dalam hal ini, beliau tidak makan sampai terlalu kenyang. Tidak makan sampai di luar batas kemampuan perutnya. Nabi Muhammad Saw mempertimbangkan kemampuan perut dengan perbandingan yang seimbang antara sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya untuk udara di dalam perut.

3. Nabi Muhammad Saw makan dengan tenang, tuma'ninah, tidak tergesa-gesa, dan dengan tempo yang sedang.
Cara makan yang dilakukan beliau ternyata sangat sesuai dengan anjuran kesehatan, agar kita menguyah makanan sampai sekitar 32 kali. Sehingga makanan yang kita makan sampai di lambung dapat decerna dengan mudah, dan kemudian diserap di usus halus dengan mudah pula.

4. Nabi Saw cepat tidur dan cepat bangun
Jika sudah waktunya tidur, maka beliau akan segera tidur. Tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat setelah shalat Isya, kurang lebih pukul 21.30. Kemudian kira - kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk shalat malam. Dengan demikian waktu yang digunakan untuk tidur adalah kurang dari delapan jam. Dalam konteks ini, penggunaan waktu 24 jam dalam satu hari satu malam, adalah sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah kepada Allah Swt, dan sepertiganya lagi untuk tidur yang cukup. Menurut riwayat, cara tidur Rasulullah Saw adalah miring ke kanan, menghadap kiblat. Jika sudah penat dengan cara ini, kemudian beliau miring ki kiri sejenak dan kemudian miring ke kanan kembali.

5. Nabi Muhammad Saw selalu istiqomah dalam melaksanakan puasa sunah, di luar puasa wajib Ramadhan.

Sekian yang dapat saya sampaikan tentang kiat hidup sehat yang pernah dilakukan Rosulullah Saw, semoga bermanfaat. WaAllahu'alam, wassalamu'alaikum wr.wb.

0 comments:

Post a Comment