Friday, November 15, 2013

15 Tips agar Otak lebih cerdas

Assalamu'alikum wr. wb.
Untuk membuat otak lebih cerdas perlu langkah - langkah untuk melatih otak. Di bawah ini ada beberapa langkah untuk melatih otak agar lebih cerdas.



1. Latih kemampuan mengamati
Mengamati lingkungan sekitar, rekam dalam pikiran apa yang dilihat. Mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

2. Asah Indra
Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi - bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar.

3. Berolahraga
Setiap jaringan dalam tubuh manusia, terhubung satu dengan yang lainnya. Sehingga Anda tidak bisa mengurus satu bagian, tanpa manfaat beberapa bagian lainnya. Latihan fisik yang baik penting bagi kesehatan, baik tubuh dan otak kita. Hal tersebut, cukup untuk meningkatkan aliran darah Anda baik itu oksigen dan glukosa ke dalam otak. Dengan berolahraga, berarti Anda juga memerangi gaya hidup, salah satunya merangsang perkembangaan mental.

4. Makan makanan yang sehat
Makanan juga penting. Ada banyak makanan yang dikaitkan dengan kesehatan otak, termasuk minyak ikan, telur, protein dan sayuran hijau. Teh hijau, teh herbal dan kacang-kacangan juga baik sebagai asupan atau “makanan otak.” Makan yang baik, cukup tidur dan cukup berolah raga, baik mental maupun fisik, adalah kunci untuk meningkatkan memori dan fungsi otak secara keseluruhan.

5. Cukup Beristirahat
Tidak banyak yang diketahui tentang tidur. Tapi kita semua sekarang mengetahui para ilmuwan selama bertahun-tahun dengan keyakinan yang salah menyatakan bahwa otak melakukan istirahat selama kita tidur untuk mengisi ulang. Penelitian sekarang, justru menunjukkan bahwa otak benar-benar dapat melakukan sesuatu selama tidur.
Tidur malam yang baik dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kemampuan untuk fokus. Hal ini memang berbeda dari setiap orang, tetapi antara enam dan delapan jam tidur untuk orang dewasa umumnya direkomendasikan.

6. Latihlah Otak Anda
Otak, seperti halnya juga tubuh, perlu olahraga teratur untuk mempertahankan kekuatan dan vitalitas. Beberapa latihan penguatan otak yang lebih umum termasuk kegiatan yang menyenangkan seperti teka-teki silang, Sudoku, dan permainan asah kata dan lainnya. Ada cara yang lebih akademik lainnya juga, seperti menyelesaikan masalah matematika dan latihan yang berkaitan dengan hubungan spasial dan geometri.

7. Pergi berjalan kaki
Udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantu Anda menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran Anda tetap jernih.

8. Mempelajari bahasa baru
Mempelajari bahasa baru dapat sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan peredaran darah dan koneksi saraf yang baik.

9. Tertawa
Tawa bukan saja merupakan obat , ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan Anda tertawa setiap harinya, minimal senyum.

10. Menjadi kreatifif
Menjadi kreatif memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.

11. Belajar melempar barang
Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.

12. Pelajari sesuatu yang baru
Banyak membaca Al-Qur'an atau buku -buku pengetahuan lainya dan berkenalan dengan hal - hal yang lain yang mungkin bukan ahlinya, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, kajian, seminar, dan lain-lain.

13.Tekuni hobi
Luangkan waktu untuk menekuni dan mengembangkan hobi.

14. Hafalkan sesuatu yang disukai
Bisa menghafalkan Al-Qur'an, kalimat dari sebuah buku atau kata - kata seseorang.

15. Menghafal urutan angka
Bisa menghafal nomor telepon/hp, rekening, nomor induk dan lain sebagainya.

16.dll.

Beberapa langkah di atas Insya Allah dapat memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung atarsel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif dalam otak.
Sekian yang dapat saya sampaikan tentang tips agar otak lebih cerdas, semoga bermanfaat. Wassalamu'alikum wr.wb.

0 comments:

Post a Comment